Monday, November 28, 2016

Manusia dan Tanggung Jawab

Nama               : Nia Maretta Pranatagari
NPM               : 15516399
Kelas               : 1PA13
Mata Kuliah    : IlmuBudaya Dasar
Dosen              : Yeni Nuraini


Manusia dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku dan perbuatannya baik disengaja maupun yang tidak disengaja.

Bentuk/Implementasi diri saya dari beberapa macam tanggung jawab :


1.     Tanggung jawab terhadap diri sendiri
Bentuk implementasi saya terhadap diri sendiri yaitu dengan menjaga sikap/perilaku sopan dan santun serta menjaga nama baik diri dan menjauhkan diri dari hal-hal negatif.

2.     Tanggung jawab terhadap keluarga
Bentuk implementasi saya terhadap keluarga yaitu dengan menghormati kedua orangtua, menjaga kerukunan keluarga dan menjaga nama baik keluarga

3.     Tanggung jawab terhadap Masyarakat
Bentuk implementasi saya terhadap masyarakat yaitu dengan mengikuti kegiatan yang ada disekeliling saya untuk menjaga kerukunan antar masyarakat dan saling membantu.

4.     Tanggung jawab terhadap Bangsa&Negara
Bentuk implementasi saya terhadap bangsa dan negara yaitu dengan menajaga kelestarian budaya Indonesia dan menjaga nama baik Negara dengan tidak membuat masalah

5.     Tanggung jawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Bentuk implementasi saya terhadap Tuhan Yang Maha Esa yaitu dengan beribadah, bersedekah, menjalani perintahnya dan menjalanan larangannya, saling menghormati perbedaan agama.


Jika saya seseorang yang bertanggungjawab terhadap sebuah jabatan seperti ketua kelas, jika diberikan tugas-tugas saya akan menjalankan amanat yang sudah diberikan sebagai ketua kelas dengan baik dan benar serta menjaga kepercayaan yang sudah diberikan kepada saya.

No comments:

Post a Comment