Monday, January 16, 2017

Harapan dan Kepercayaan

Nama                  : Nia Maretta Pranatagari
NPM                   : 15516399
Kelas                  : 1PA13
Mata Kuliah        : Ilmu Budaya Dasar
Dosen                 : Yeni Nuraini
                                 


Harapan dan Kepercayaan


Pengertian Harapan

Harapan adalah bentuk dasar dari kepercayaan akan sesuatu yang diinginkan akan didapatkan atau suatu kejadian yang akan berbuah kebaikan diwaktu yang akan datang. Macam-macam harapan manusia, yaitu kelangsungan hidup, keamanan, hak dan kewajiban mencintai dan dicintai, diakui lingkungan, dan perwujudan cita-cita.

Mengapa manusia memiliki harapan?

         Manusia memiliki harapan karena manusia memiliki akal sehingga menimbulkan rencana atau cita-cita dalam kehidupannya.

Kepercayaan ada berbagai macam, yaitu :

a.   Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa merupakan percaya kepada Tuhan yang tunggal yang menciptakan alam semesta dan isinya. Dengan memiliki kepercayaan dan keyakinan kepada Tuhan menyadarkan kita bahwa segala yang ada di alam semesta maupun isinya bersumber dari Tuhan Yang Maha Esa.

b.   Kepercayaan terhadap diri sendiri
Kepercayaan terhadap diri sendiri merupakan sikap positif yang timbul dari diri sendiri untuk diri sendiri dan sekeliling lingkungan.

c.    Kepercayaan terhadap orang lain
Kepercayaan terhadap orang lain merupakan suatu tindakan memberikan kepercayaan yang kita anggap dapat dipercaya dengan memberikan kepercayaan kepada oranglain.

d.   Kepercayaan terhadap pemerintah
Kepercayaan terhadap pemerintah merupakan suatu bentuk penghargaan terhadap pemerintah dapat dengan cara tindakan maupun dukungan kepada pemerintah berupa turut ikut serta dalam program-program pemerintah.


No comments:

Post a Comment