Saturday, October 22, 2016

Tugas 2

TUGAS 2



Nama               : Nia Maretta Pranatagari
Kelas               : 1PA13
NPM               : 15516399
Mata Kuliah    : Ilmu Budaya Dasar
Dosen              : Yeni Nuraini

Kebudayaan Timur
          Kepribadian bangsa timur berbeda dengan kepribadian bangsa barat, dari wilayahnya, lingkungannya, gaya hidup, kebudayaan dan kebiasaannya pun berbeda. Kepribadian bangsa timur dapat diartikan sebagai suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang memiliki sifat toleransi yang tinggi.
Contoh kebudayaan timur dilihat dari gaya berpakaiannya yaitu terbiasa dengan menggunakan pakaian yang tertutup tetapi mulai menghilang kebiasaan tersebut menjadi menggunakan pakaian yang sedikit terbuka dan dan mengumbar aurat. Jika dilihat dari sopan santun yaitu sudah mulai berubahnya kebudayaan sopan santun bangsa timur kepada seseorang yang sepantarannya maupun kepada orang yang lebih tua menjadi lebih cuek kepada sesama manusia. Dilihat dari tutur kata yaitu budaya timur biasa dikenal dengan tutur kata yang sopan dan halus, saat ini bukan nada halus yang dikeluarkan tetapi nada tinggi saat berbicara yang terdengar dan bahasa asing menggantikan kosa kata bahasa Indonesia.

Unsur-unsur kehidupan Universal menurut C.Kluchon, yaitu :
  1. Sistem Religi (sistem kepercayaan)
Merupakan produk manusia sebagai homo religious. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, tanggap bahsa di atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar. Karena itu manusia takut, sehingga menyembahnya dan lahirlah kepercayaan yang sekarang menjadi agama.

  1. Sistem organisasi kemasyarakatan
Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar vahwa tubuhnya lemah, namun memiliki akal, maka disusunlah organisasi kemasyarakatan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
  1. Sistem pengetahuan
Merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri, disamping itu didapat juga dari orang lain. Kemampuan manusia mengingat-ingat apa yang telah diketahui kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalui bahasa, menyebabkan pengetahuan menyebar luas. Lebih-lebih bila pengetahuan itu dibukukan, maka penyebarannya dapat dilakukan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  1. Sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi
Merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkap kehidupan manusia secara umum terus meningkat.
  1. Sistem Teknologi dan Peralata
Merupakan produk dari manusia sebagai homo faber. Bersumber dari pemikirannya yang cerdas dan dibantu dengan tangannya yang dapat memegang sesuatu dengan erat, manusia dapat membuat dan mempergunakan alat. Dengan alat-alat ciptaannya manusia dapat lebih mampu mencukupi kebutuhan daripada binatang.
6. Bahasa
                 Merupakan produk dari manusia homo longuens. Bahasa manusia pada mulanya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode) yang kemudian disempurnakan dalam bentuk bahasa lisan, dan akhirnya menjadi bentuk bahasa tulisan.
7. Kesenian

                 Merupakan hasil dari manusia sebagai homo aesteticus. Setelah manusia dapat mencukupi kebutuhan fisiknya, maka dibutuhkan psikisnya untuk dipuaskan. Manusia bukan lagi semata-mata memenuhi kebutuhan isi perut saja, mereka juga perlu pandangan mata yang indah, suara yang merdu, yang semuanya dapat dipenuhi melalui kesenian. 

No comments:

Post a Comment