Tuesday, October 18, 2016

Tugas 1. Tujuan Mempelajari Ilmu Budaya Dasar

TUGAS 1



Nama               : Nia Maretta Pranatagari
Kelas               : 1PA13
NPM               : 15516399
Mata Kuliah    : Ilmu Budaya Dasar
Dosen              : Yeni Nuraini


Tujuan Mempelajari Ilmu Budaya Dasar
Tujuan mempelajari Ilmu Budaya Dasar menurut saya yaitu untuk menghargai warisan para leluhur serta menjaga kebudayaan Indonesia agar tidak diambil oleh negara lain dan menjadikan kebudayaan Indonesia menjadi kebudayaan yang tidak akan terlupakan dalam kehidupan anak-anak hingga orang dewasa.

Budaya menurut para ahli
Budaya merupakan cara hidup yang berkembang serta dimiliki bersama oleh sekelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Ada beberapa ahli yang memiliki pengertian tentang budaya yang berbeda-beda, seperti :
            Menurut Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan, suatu kebudayaan merupakan buah atau hasil karya cipta & rasa masyarakat. Suatu kebudayaan memang mempunyai hubungan yang amat erat dengan perkembangan yang ada di masyarakat. Seorang arkeolog, R. Seokmono menerangkan bahwa budaya adalah hasil kerja atau usaha manusia yang berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya.
            Menurut Lehman, Himstreet, dan Batty mendefinisikan budaya sebagai kumpulan beberapa pengalaman hidup yang ada pada sekelompok masyarakat tertentu. Pengalaman hidup yang dimaksud bisa berupa kepercayaan, perilaku, & gaya hidup suatu masyarakat. Sedangkan Parsudi Suparian, mengatakan budaya akan melandasi segala perilaku dalam masyarakat, karena budaya merupakan pengetahuan manusia yang seluruhnya digunakan untuk mengerti dan memahami lingkungan & pengalaman yang terjadi kepadanya.
            Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya adalah hasil perjuangan masyarakat terhadap alam & zaman yang membuktikan kemakmuran & kejayaan hidup masyarakat dalam menyikapi atau menghadapi kesulitan & rintangan untuk mencapai kemakmuran, keselamatan dan kebahagiaan di hidupnya.
Menurut KBBI, Budaya berarti sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara berpikir manusia.
Menurut Kluckhohn dan Kelly, Budaya merupakan segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit maupun yang eksplisit, irasional, rasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.
Menurut Menurut E.B. Taylor, Budaya merupakan suatu keseluruhan yang kompleks meliputi kepercayaan, kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat.
Menurut Linton, Budaya merupakan keseluruhan dari sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

Manusia sebagai satu kepribadian mengandung 3 unsur yaitu :
  1. ID, merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak Nampak (pemuasan kebutuhan).
Contoh;
1. Seseorang mimiliki keinginan mendapatkan suatu barang dengan gratis tanpa membayar.
2. seorang mahasiswa memiliki keinginan untuk mendapatkan IPK tertinggi.

  1. Ego, merupakan struktur kepribadian yang mengatur tingkah laku, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif”
Contoh;
1. Mencuri barang sesorang dengan segala cara secara sembunyi.
2. Berlaku tidak jujur pada saat proses pembelajaran maupun ujian dalam kampus, misalnya mencontek.


  1. Super Ego, merupakan struktur kepribadian yang dipengaruhi eksternal
Contoh;
1. Seseorang tersebut merasa bersalah biarpun tidak ada yang melihat     disekitarnya, karena
ia teringan dengan ibunya yang pernah dicuri barangnya oleh orang lain.
2. Mahasiswa tersebut merasa bersalah, karena teringat orang tuanya yang telah membiayai
kuliahnya dengan bersusah payah. 

No comments:

Post a Comment