Tuesday, October 25, 2016

Tugas 3

TUGAS 3


Nama               : Nia Maretta Pranatagari
Kelas               : 1PA13
NPM               : 15516399
Mata Kuliah    : Ilmu Budaya Dasar
Dosen              : Yeni Nuraini


Puisi termasuk seni sastra, sedangkan sastra bagian dari kesenian, dan kesenian cabang/unsur dari kebudayaan. Jika diberi batasan, maka puisi adalah ekspresi pengalaman jiwa penyair mengenai kehidupan manusia, alam, dan Tuhan melalui media bahasa yang artistic/estetik, yang secara padu dan utuh didapatkan kata-katanya.
Kepuitisan, keartistikan bahasa puisi disebabkan oleh kreativitas penyair dalam membangun puisinya dengan menggunakan:
Ø  Figura bahasa, seperti gaya personifikasi, metafora, perbandingan, alegori, dsb sehingga puisi menjadi segar, hidup, menarik dan member kejelasan gambaran angan.
Ø  Kata-kata yang ambigu, yaitu kata yang memiliki makna ganda, banyak tafsir dan pengertiannya.
Ø  Kata-kata yang berjiwa, yaitu kata kata yang sudah diberi suasana tertentu, berisi perasaan dan asosiasi-asosiasi tertentu.
Ø  Pengulangan, yang berfungsi untuk mengintensifkan hal hal yang dilukiskan, sehingga lebih mengunggah hati.
Ø  Kata konotatif, yaitu kata yang sudah diberi tambahan nilai-nilai rasa.



Kuliah Pertamaku
Ayam mulai berkokok di pagi hari
Seolah membangunkan tidurku
Teringatku pada pengalaman baru
Yang akanku jalani sehari-hari

Hasratku pun tak terbendung
Ingin cepatku kesana
Bertemu suasana di Gunadarma
Dan bertemu teman baru

Tak terbayang kampus yang indah
Segala ilmu yang menggunung
Suasana yang ramah
Semakin semangat inginku kesana


Saturday, October 22, 2016

Tugas 2

TUGAS 2



Nama               : Nia Maretta Pranatagari
Kelas               : 1PA13
NPM               : 15516399
Mata Kuliah    : Ilmu Budaya Dasar
Dosen              : Yeni Nuraini

Kebudayaan Timur
          Kepribadian bangsa timur berbeda dengan kepribadian bangsa barat, dari wilayahnya, lingkungannya, gaya hidup, kebudayaan dan kebiasaannya pun berbeda. Kepribadian bangsa timur dapat diartikan sebagai suatu sikap yang dimiliki oleh suatu negara yang menentukan penyesuaian dirinya yang unik terhadap lingkungannya. Kepribadian bangsa timur pada umumnya merupakan kepribadian yang memiliki sifat toleransi yang tinggi.
Contoh kebudayaan timur dilihat dari gaya berpakaiannya yaitu terbiasa dengan menggunakan pakaian yang tertutup tetapi mulai menghilang kebiasaan tersebut menjadi menggunakan pakaian yang sedikit terbuka dan dan mengumbar aurat. Jika dilihat dari sopan santun yaitu sudah mulai berubahnya kebudayaan sopan santun bangsa timur kepada seseorang yang sepantarannya maupun kepada orang yang lebih tua menjadi lebih cuek kepada sesama manusia. Dilihat dari tutur kata yaitu budaya timur biasa dikenal dengan tutur kata yang sopan dan halus, saat ini bukan nada halus yang dikeluarkan tetapi nada tinggi saat berbicara yang terdengar dan bahasa asing menggantikan kosa kata bahasa Indonesia.

Unsur-unsur kehidupan Universal menurut C.Kluchon, yaitu :
  1. Sistem Religi (sistem kepercayaan)
Merupakan produk manusia sebagai homo religious. Manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, tanggap bahsa di atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar. Karena itu manusia takut, sehingga menyembahnya dan lahirlah kepercayaan yang sekarang menjadi agama.

  1. Sistem organisasi kemasyarakatan
Merupakan produk dari manusia sebagai homo socius. Manusia sadar vahwa tubuhnya lemah, namun memiliki akal, maka disusunlah organisasi kemasyarakatan dimana manusia bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
  1. Sistem pengetahuan
Merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri, disamping itu didapat juga dari orang lain. Kemampuan manusia mengingat-ingat apa yang telah diketahui kemudian menyampaikannya kepada orang lain melalui bahasa, menyebabkan pengetahuan menyebar luas. Lebih-lebih bila pengetahuan itu dibukukan, maka penyebarannya dapat dilakukan dari satu generasi ke generasi berikutnya.
  1. Sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi
Merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkap kehidupan manusia secara umum terus meningkat.
  1. Sistem Teknologi dan Peralata
Merupakan produk dari manusia sebagai homo faber. Bersumber dari pemikirannya yang cerdas dan dibantu dengan tangannya yang dapat memegang sesuatu dengan erat, manusia dapat membuat dan mempergunakan alat. Dengan alat-alat ciptaannya manusia dapat lebih mampu mencukupi kebutuhan daripada binatang.
6. Bahasa
                 Merupakan produk dari manusia homo longuens. Bahasa manusia pada mulanya diwujudkan dalam bentuk tanda (kode) yang kemudian disempurnakan dalam bentuk bahasa lisan, dan akhirnya menjadi bentuk bahasa tulisan.
7. Kesenian

                 Merupakan hasil dari manusia sebagai homo aesteticus. Setelah manusia dapat mencukupi kebutuhan fisiknya, maka dibutuhkan psikisnya untuk dipuaskan. Manusia bukan lagi semata-mata memenuhi kebutuhan isi perut saja, mereka juga perlu pandangan mata yang indah, suara yang merdu, yang semuanya dapat dipenuhi melalui kesenian. 

Tuesday, October 18, 2016

Tugas 1. Tujuan Mempelajari Ilmu Budaya Dasar

TUGAS 1



Nama               : Nia Maretta Pranatagari
Kelas               : 1PA13
NPM               : 15516399
Mata Kuliah    : Ilmu Budaya Dasar
Dosen              : Yeni Nuraini


Tujuan Mempelajari Ilmu Budaya Dasar
Tujuan mempelajari Ilmu Budaya Dasar menurut saya yaitu untuk menghargai warisan para leluhur serta menjaga kebudayaan Indonesia agar tidak diambil oleh negara lain dan menjadikan kebudayaan Indonesia menjadi kebudayaan yang tidak akan terlupakan dalam kehidupan anak-anak hingga orang dewasa.

Budaya menurut para ahli
Budaya merupakan cara hidup yang berkembang serta dimiliki bersama oleh sekelompok orang, serta diwariskan dari generasi ke generasi. Ada beberapa ahli yang memiliki pengertian tentang budaya yang berbeda-beda, seperti :
            Menurut Soelaiman Soemardi & Selo Soemardjan, suatu kebudayaan merupakan buah atau hasil karya cipta & rasa masyarakat. Suatu kebudayaan memang mempunyai hubungan yang amat erat dengan perkembangan yang ada di masyarakat. Seorang arkeolog, R. Seokmono menerangkan bahwa budaya adalah hasil kerja atau usaha manusia yang berupa benda maupun hasil buah pemikiran manusia dimasa hidupnya.
            Menurut Lehman, Himstreet, dan Batty mendefinisikan budaya sebagai kumpulan beberapa pengalaman hidup yang ada pada sekelompok masyarakat tertentu. Pengalaman hidup yang dimaksud bisa berupa kepercayaan, perilaku, & gaya hidup suatu masyarakat. Sedangkan Parsudi Suparian, mengatakan budaya akan melandasi segala perilaku dalam masyarakat, karena budaya merupakan pengetahuan manusia yang seluruhnya digunakan untuk mengerti dan memahami lingkungan & pengalaman yang terjadi kepadanya.
            Menurut Ki Hajar Dewantara, budaya adalah hasil perjuangan masyarakat terhadap alam & zaman yang membuktikan kemakmuran & kejayaan hidup masyarakat dalam menyikapi atau menghadapi kesulitan & rintangan untuk mencapai kemakmuran, keselamatan dan kebahagiaan di hidupnya.
Menurut KBBI, Budaya berarti sebuah pemikiran, adat istiadat atau akal budi. Secara tata bahasa, arti dari kebudayaan diturunkan dari kata budaya dimana cenderung menunjuk kepada cara berpikir manusia.
Menurut Kluckhohn dan Kelly, Budaya merupakan segala konsep hidup yang tercipta secara historis, baik yang implisit maupun yang eksplisit, irasional, rasional, yang ada di suatu waktu, sebagai acuan yang potensial untuk tingkah laku manusia.
Menurut Menurut E.B. Taylor, Budaya merupakan suatu keseluruhan yang kompleks meliputi kepercayaan, kesusilaan, seni, adat istiadat, hukum, kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang sering dipelajari oleh manusia sebagai bagian dari masyarakat.
Menurut Linton, Budaya merupakan keseluruhan dari sikap & pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan & dimilik oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

Manusia sebagai satu kepribadian mengandung 3 unsur yaitu :
  1. ID, merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak Nampak (pemuasan kebutuhan).
Contoh;
1. Seseorang mimiliki keinginan mendapatkan suatu barang dengan gratis tanpa membayar.
2. seorang mahasiswa memiliki keinginan untuk mendapatkan IPK tertinggi.

  1. Ego, merupakan struktur kepribadian yang mengatur tingkah laku, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif”
Contoh;
1. Mencuri barang sesorang dengan segala cara secara sembunyi.
2. Berlaku tidak jujur pada saat proses pembelajaran maupun ujian dalam kampus, misalnya mencontek.


  1. Super Ego, merupakan struktur kepribadian yang dipengaruhi eksternal
Contoh;
1. Seseorang tersebut merasa bersalah biarpun tidak ada yang melihat     disekitarnya, karena
ia teringan dengan ibunya yang pernah dicuri barangnya oleh orang lain.
2. Mahasiswa tersebut merasa bersalah, karena teringat orang tuanya yang telah membiayai
kuliahnya dengan bersusah payah.