Saturday, March 18, 2017

Persepsi

PERSEPSI
Persepsi merupakan pengorganisasian dan penginterpretasian dalam individu. Persepsi yang dilakukan terhadap sesuatu, tidak hanya ditentukan oleh stimulus semata, melainkan juga dipengaruhi oleh keadaan individu yang melakukan persepsi. Ada jenis-jenis persepsi yang perlu kita ketahui, yaitu :
1.    Persepsi Visual
2.    Persepsi Pendengaran
3.    Persepsi Perabaan
4.    Persepsi Penciuman
5.    Persepsi Pengecapan
Hukum-hukum persepsi menurut teori Gestalt :
1.    Hukum Kedekatan (proximity)
2.    Hukum Figure-Ground
3.    Hukum Kesamaan (similarity)
4.    Hukum Kontinuitas (kesinambungan)
5.    Hukum Ketertutupan (closure)


           Pada gambar diatas dapat dilihat terdapat tiang-tiang dan juga terdapat beberapa kapal yang sedang berlayar dilautan. Beberapa orang memiliki presepsi yang berbeda pada saat pertama kali melihat suatu objek pada gambar tersebut, ada yang melihat tiang dahulu dan ada yang melihat kapal yang sedang berlayar dahulu , tergantung pada perhatian seseorang saat melihat suatu gambar.
Dari gambar tersebut terdapat dalam Hukum Persepsi Figure-Ground menurut Gestalt. Menurut hukum ini, lapangan persepsi terdiri dari 2 bagian :
1. Gambar (figure) yaitu bagian yang dominan dan merupakan fokus perhatian.
2. Latar Belakang (gorund) yaitu bagian yang melatar belakangi atau melengkapi.


Apabila individu melakukan persepsi terhadap sesuatu, apa yang menjadi fokus dalam persepsi itu akan menjadi latar belakang atau ground. Antara figure dan ground dapat terjadi pertukaran fungsi yang semula ground dapat menjadi figure dan sebaliknya, tergantung pada perhatian seseorang saat melakukan persepsi.

No comments:

Post a Comment